Sabtu, 13 April 2013

Klasifikasi Bunga Kamboja Jepang


klasifikasi bunga kamboja
Pertama kali, sebelum memaparkan klasifikasi bunga kamboja Jepang, kami akan menjelaskan sedikit mengenai bunga ini. Di Indonesia, Adenium Obesum jauh lebih dikenal dengan nama Kamboja Jepang. Nama ini sendiri sejatinya begitu menyesatkan, sebab bias diidentikkan dengan bunga kamboja, yang lebih banyak kita temukan pada areal pemakaman. Sementara untuk kata-kata Jepang, lebih mengarahkan bahwa bunga yang satu ini memang berasal dari negara Jepang. Padahal faktanya, Adenium ini berasal dari daerah kering di Asia Barat ataupun Afrika, tepatnya di sebelah selatan Gurun Sahara.

Masyarakat di Indonesia memberi nama seperti ini mungkin dihubungkan dengan stereotype yang telah lama beredar. Misalnya saja buah-buahan yang berukuran besar biasanya adakan disebut dengan nama Bangkok, sementara itu untuk tumbuhan yang berukuran kecil biasanya akan di sebut dengan nama Jepang. Maka dari itu bila dulu telah ada Kamboja yang ukurannya tinggi dan besar, maka begitu terdapat tumbuhan berukuran kecil yang mirip dengan Kamboja maka orang dengan mudahnya menyebutnya sebagai bunga kamboja Jepang.


Sejatinya bunga kamboja merupakan jenis Plumeria, yaitu kerabat jauh Adenium. Nah yang menjadi perbedaan antara Adenium dengan Plumeria adalah:
  1. Adenium memiliki batang yang besar dan bagian bawahnya mirip umbi, tapi sosok dari tanamannya sendiri kecil disertai dengan daun berukuran kecil memanjang. Akar Adenium juga bisa menjadi besar layaknya umbi.
  2. Plumeria memiliki batang yang kecil dan panjang tanpa bentuk umbi, dan sosok tumbuhannya besar serta bisa tumbuh lebih tinggi. Daunnya berbentuk besar serta memanjang.
Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah klasifikasi bunga kamboja Jepang :
Kingdom         : Plantae alias tumbuhan
Subkingdom    : Tumbuhan berpembuluh (Tracheobionta)
Super divisi     : Menghasilkan biji alias spermatophyte
Divisi              : Tumbuhan berbunga
Kelas               : Tumbuhan berkeping dua alias dikotil
Sub kelas         : Asteridae
Ordo                : Gentianales
Family             : Apocynacea
Genus              : Adenium
Spesies            : Adenium obesum
Nama Lokal    : Bunga kamboja Jepang
Nama Luar      : Desert Rose

Warna normal dari bunga kamboja Jepang ini yaitu merah muda hingga merah. Bunga ini tumbuh dengan indah di media tanam yang kering dan tak lembab. Akar bunga ini yang membesar layaknya umbi merupakan tempat penyimpanan air guna dijadikan cadangan ketika masa kekeringan. Akar yang membesar itulah jika dimunculkan ke atas permukaan tanah bakal membentuk kesan yang unik layaknya bonsai. Sementara itu batang bunga ini sangat lunak dan tak berkayu.

Selain klasifikasi bunga kamboja Jepang, bunga ini juga memiliki bentuk yang bermacam-macam dan fisik daunnya yang beraneka ragam. Ada yang membentuk lonjong, meruncing, kecil serta besar, dan juga ada yang berbulu halus dan ada juga yang tak memiliki bulu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar