Ini adalah bagian dari kilas balik akhir tahun, sebuah kilas balik
tahunan yang telah lama ditunggu untuk mengidentifikasi berita dan tren
teratas tahun yang lalu berdasarkan aktivitas jutaan pengunjung unik
setiap bulan pada jaringan dan miliaran pencarian konsumen.”Gadget
terkini selalu populer di kalangan konsumen, terutama di kalangan
konsumen muda yang sangat antusias untuk menggunakannya dalam interaksi
sosial sehari-hari. Temuan dari Yahoo! Search Trends menunjukkan bahwa
Indonesia berada di puncak kurva jika berhubungan dengan penerimaan
gadget,” kata Henryl Moreno, Manager, Editorial for Search &
Platforms in Southeast Asia, dalam rilis yang diterima Ghiboo.Lalu apa
saja 10 gadget yang paling diburu di Indonesia? Beberapa brand sudah
sangat familiar saat ini. Namun ada satu brand yang mampu mencuri
perhatian, yakni Nexian. Berikut adalah 10 gadget yang paling banyak
diburu di Indonesia.1. BlackBerry Bold
BlackBerry Bold adalah produk andalan Research In Motion yang ditujukan bagi konsumen kelas menengah ke atas.
BlackBerry Bold ditandai dengan kemampuan perangkat keras yang mumpuni dan cocok digunakan untuk intensitas kerja yang tinggi. Hal inilah yang membuat popularitas BlackBerry Bold tetap tinggi di tengah gempuran gadget-gadget baru dari Apple atau Android.
Seri terbaru BlackBerry Bold yang meraih perhatian publik adalah Bold 9900 yang juga dikenal dengan Dakota. Gadget ini mengusung sistem operasi terbaru Blackberry, OS 7, dan punya fitur layar sentuh yang dipadu dengan papan ketik QWERTY.
BlackBerry Bold adalah produk andalan Research In Motion yang ditujukan bagi konsumen kelas menengah ke atas.
BlackBerry Bold ditandai dengan kemampuan perangkat keras yang mumpuni dan cocok digunakan untuk intensitas kerja yang tinggi. Hal inilah yang membuat popularitas BlackBerry Bold tetap tinggi di tengah gempuran gadget-gadget baru dari Apple atau Android.
Seri terbaru BlackBerry Bold yang meraih perhatian publik adalah Bold 9900 yang juga dikenal dengan Dakota. Gadget ini mengusung sistem operasi terbaru Blackberry, OS 7, dan punya fitur layar sentuh yang dipadu dengan papan ketik QWERTY.
2. Apple iPad
Setelah sukses besar dengan produk iPad di tahun 2010, Apple
kembali menggebrak pasar tablet dengan meluncurkan iPad 2 pada Maret
2011.
Seperti iPad generasi pertama, iPad 2 juga memiliki layar sekitar 10
inci. Hanya saja, iPad generasi kedua ini memiliki badan yang lebih
tipis sehingga lebih ringan, punya perangkat keras yang lebih tangguh
dan canggih serta dilengkapi kamera.
3. Samsung Galaxy S II
Samsung adalah salah satu produsen telepon seluler berbasis Android
yang paling berjaya saat ini. Manufaktur asal Korea Selatan ini
menawarkan produk dengan kemampuan perangkat keras yang tinggi tetapi
dijual dengan harga yang sangat kompetitif.
Salah satu produk andalan terbaru Samsung adalah telepon seluler
Galaxy S II, yang merupakan penerus dari telepon premium Galaxy S.
Produk ini diperkenalkan ke pasaran pada Februari 2011 dan tak lama
setelah itu ponsel berprosesor dual core dan berlayar 4,3 inci tersebut
mampu membuat para pecinta gadget jatuh hati.
4. Samsung Galaxy Tab
Walaupun dengan kemampuan perangkat keras yang mumpuni dipadu
dengan sistem operasi Android yang memang tengah digemari, Samsung harus
menerima fakta bahwa dari segi penjualan, Galaxy Tab masih di bawah
iPad.
Namun Samsung tidak tinggal diam. Pada Februari 2011, produsen
elektronik Korea Selatan tersebut meluncurkan versi kedua Galaxy Tab
yang memiliki ukuran layar 10,1 inci, sama dengan dimensi layar iPad.
Secara langsung, Galaxy Tab 10,1 inci ini adalah lawan seimbang untuk
iPad 2, yang juga diluncurkan dalam waktu berdekatan.
5. BlackBerry Torch
BlackBerry Torch memiliki perbedaan mendasar dengan produk-produk
pendahulunya, terutama dalam hal wujud. Dengan bentuk geser, Torch
menyembunyikan papan ketik qwerty-nya di balik layar berukuran 3,2 inci
yang juga bisa disentuh.
Di Indonesia, popularitas Torch bertahan cukup lama. Tidak hanya
karena kemampuan perangkat keras yang mumpuni, tetapi statusnya sebagai
produk BlackBerry paling canggih membuat konsumen mengejarnya sebagai
produk yang harus dimiliki.
6. Apple iPhone
7. BlackBerry Playbook
8. Nexian Champion
9. BlackBerry Apollo
10. Nokia C5
Rasa penasaran publik kembali muncul ketika ada kabar bahwa Apple
bakal merilis iPhone 5 sebagai penerus iPhone 4. Selama beberapa bulan,
rumor perihal spesifikasi serta kemampuan iPhone generasi baru ini
menjadi topik hangat di seluruh dunia.
Pada akhirnya, Apple memang tidak menamai iPhone generasi terbaru ini
dengan iPhone 5, tetapi iPhone 4S. Untuk pertama kalinya, Apple tidak
lagi memperkenalkan produk baru mereka lewat sosok pendirinya, Steve
Jobs, yang sudah mundur sebagai CEO. Peluncuran iPhone 4S pada 4 Oktober
yang lalu itu dilakukan oleh Tim Cook, CEO baru Apple.7. BlackBerry Playbook
Tablet andalan BlackBerry diberi tajuk BlackBerry Playbook. Meski
sudah diumumkan ke publik sejak akhir tahun 2010, tetapi Playbook baru
tersedia di pasar pada April 2011. Namun, respons pasar terhadap tablet
ini tidaklah terlalu baik.
Meski diiming-imingi dengan kemampuan perangkat lunak yang canggih
serta belakangan diketahui bisa menjalankan sistem operasi Android,
tampaknya publik tidak terlalu puas dengan kinerja Playbook secara
keseluruhan.8. Nexian Champion
Salah satu produsen telepon selular asal Indonesia yang sangat
agresif di pasar adalah Nexian. Pada medio 2011 ini, Nexian meluncurkan
Nexian Champion.
Telepon ini disasarkan untuk konsumen pemula dengan harga di bawah Rp
1 juta. Untuk kelas ini Nexian Champions menawarkan fitur-fitur
canggih. Layar sentuh berukuran 3,5 inci adalah daya tarik utama ponsel
tersebut.9. BlackBerry Apollo
Bersamaan dengan merebaknya kabar kehadiran BlackBerry Dakota di
pasar pada awal tahun 2011, rumor perihal kehadiran BlackBerry 9360
alias Apollo juga mulai deras.
Dari segi perangkat, Apollo tidak terlalu istimewa. Walau dimensinya
tipis (11 mm) dan ada bezel logam, tetapi layar yang dipakai Apollo
bukanlah layar sentuh seperti yang digunakan di seri Dakota. Walau baru
dirilis pada September 2011, popularitas Apollo cukup tinggi. Hal ini
bisa dipahami karena para penggemar gadget di Indonesia sangat gemar
dengan kehadiran produk baru.10. Nokia C5
Pada Desember 2010, Nokia merilis telepon seluler C5-03. Meski
termasuk ke dalam kategori mid-end, tetapi Nokia melengkapi sejumlah
fitur yang lumayan menarik dalam ponsel tersebut.
Dengan fitur-fitur tersebut, Nokia membandrol ponsel tersebut
dengan harga yang cukup terjangkau, sehingga membuat Nokia C5-03 menjadi
salah satu gadget populer di sejumlah kawasan, termasuk Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar