Rahasia Modern kecepatan MOTOR satria fu - Salah
satu momok di dunia balap trek lurus, baik resmi maupun non-resmi
adalah motor garapan bengkel HDS Motor yang digawangi Hawadis, yang
beralamat di Jl. Swatirta/Bakti No. 28, Kebon Bawang, Tanjung Priok,
Jakut. Garapan terkenal kencang dan pastinya
sulit dikalahkan.
Suzuki Satria FU berwarna putih yang punya julukan Playboy ini
salah satunya. Motor milik Wendel Toar, menurut beberapa pelaku balap
masih sulit dikalahkan. Mau tahu rahasianya? Hawadis mau berbaik hati
membukanya, lo.
Pertama membuncitkan kapasitas mesin. Piston bawaan yang
diameternya hanya 62 mm digusur pakai milik Yamaha Scorpio (70 mm).
Pemasangannya tentu butuh penggantian boring dan membesarkan mulut
crank case.
Lalu stroke dinaikkan sampai 72 mm, dari standarnya yang hanya 48,8 mm. Pantas jika paking blok sangat tebal, sekitar 1 cm. Cara naikin stroke-nya gimana? Pakai setang seher RX-Z, terang Hawadis.
Lalu stroke dinaikkan sampai 72 mm, dari standarnya yang hanya 48,8 mm. Pantas jika paking blok sangat tebal, sekitar 1 cm. Cara naikin stroke-nya gimana? Pakai setang seher RX-Z, terang Hawadis.
Pemilihan setang piston RX-Z lantaran diameter pen big end kecil.
Sehingga pemasangan di daun kruk as bisa lebih keluar, sisanya ditutup
pakai las. Makanya stroke bisa dinaikkan maksimal. Dengan kombinasi
itu, maka isi silinder jadi 276,9 cc!
Biar pasokan bahan bakar dan pembuangan sisa pembakaran makin
lancar, klep pun dibesarkan. Kombinasinya in 24 mm, out 22 mm.
Pemasangan tentu butuh penggeseran sudut klep. Tak lupa dilakukan
porting & polish.
Paking blok sangat tebal, efek dari stroke up |
Otak pengapian pakai BRT I-max |
Pemasok bahan bakar sendiri pakai
Keihin PE 28 yang di-reamer mentok hingga 32 mm! Sampai-sampai beberapa
bagian luar mesti ditambal lem. Spuyernya ketemu 55 dan 135. Pelepas
gas buang tentu pilih yang free flow, pakai merek HDS.
Yang spesial menurut Hawadis, pemakaian magnet dan sepul Yamaha YZ
125 yang terkenal enteng. Namun anehnya kendati sepul terpasang, namun
tetap pakai sistem DC. Sepul hanya pajangan, hahaha, kelakarnya. Masih
menurutnya, pemakaian magnet ringan bagus di putaran bawah, atasnya
akan kedodoran.
Karburator Keihin PE28 di-reamer hingga 32 mm! |
Makanya, lantaran lebih sering turun di
trek panjang (800 m), butuh penyesuaian. Pertama kompresi jangan
terlalu tinggi, cukup 13,8 : 1. Kedua LSA noken as dibikin kecil, cukup
102, selanjutnya timing pengapian dimainkan, ujarnya.
Timing bisa dipatok sesuka hati karena
CDI pakai BRT tipe I-Max. Berikut sedikit contekannya, pada 3 ribu rpm
35, 7 ribu 40, 10 ribu 39, 13 ribu turun lagi jadi 37 sebelum TMA. Oh
ya, koil juga pakai milik YZ 125.
Terakhir rasio dimainkan di gigi 3 dan 4. Dibikin lebih rapat dengan atas bawahnya, tutup Hawadis.
Data Modifikasi :Pelek dpn-blkg : TK 1,20 x 17
Ban dpn-blkg : HUT 50/80-17, 60/80-17
Cakram : Suzuki RGR
Footstep : Yoshimura
Setang : LHK
Sokbreker : YSS
Magnet : Yamaha YZ 125
CDI : BRT I-Max
Koil : Yamaha YZ 125
Terakhir rasio dimainkan di gigi 3 dan 4. Dibikin lebih rapat dengan atas bawahnya, tutup Hawadis.
Data Modifikasi :Pelek dpn-blkg : TK 1,20 x 17
Ban dpn-blkg : HUT 50/80-17, 60/80-17
Cakram : Suzuki RGR
Footstep : Yoshimura
Setang : LHK
Sokbreker : YSS
Magnet : Yamaha YZ 125
CDI : BRT I-Max
Koil : Yamaha YZ 125
Tidak ada komentar:
Posting Komentar