Tips Membuat Lingkungan Kerja Menjadi Lebih Menyenangkan
Bagi sebagian besar karyawan, tempat kerja sulit untuk dianggap sebagai rumah kedua baginya.
Memang benar nyatanya, mereka setuju bahwa pekerjaan yang meningkatkan
stress, deadline yang mencekik, revisi yang menumpuk, kunjungan manager
ke dalam kubik, dan tempat kerja tak dapat membuat perasaan menjadi
lebih baik.
Bagaimanapun juga, kesuksesan suatu perusahaan tak lepas dari kesejahteraan karyawannya.
Para manager pun harus menyadari bahwa memperbaiki kesejahteraan
karyawan dapat menunjang kualitas perusahaan. Namun, pada kenyataannya
sebagian besar manager atau atasan tak menganggap hal ini penting.
Maka sebagai seorang karyawan anda harus melakukan sesuatu agar dapat bertahan dari segala goncangan. Inilah beberapa tips untuk membuat tempat kerja menjadi lebih menyenangkan, dan membuat anda lebih produktif.
-
Senyum
Senyum adalah hal yang pertama dan yang paling utama.
Senyum terkadang dapat memperpanjang waktu deadline anda jika anda
beruntung. Senyum adalah hal yang paling penting karena dapat membuka
jalur yang baik ke berbagai arah.
Sekalipun anda sedang tak ingin tersenyum, maka tersenyumlah.
Bayangkan jika anda datang ke kantor dengan perasaan runyam dan muka
tertekuk. Pada saat itu orang lainpun akan merasa sulit untuk menyapa
anda. Hadapilah kenyataan bahwa bersikap murung dan kesal tak akan
membuat pekerjaan anda selesai, jadi tersenyumlah.
-
Lakukan sosialisasi
Sadarilah lingkungan kerja anda bukan hanya dalam kubik anda atau
hanya divisi anda. Lingkungan kerja anda adalah kumpulan divisi serta
kubik yang berisi orang-orang dengan beragam sifat. Jadi jangan mengurung diri dan mengunci diri anda dalam kubik anda sendiri.
Curilah sedikit waktu anda untuk sekedar berkunjung ke divisi atau
kubik lain untuk sekedar berbincang dan bercanda.Buatlah orang lain
mengetahui keberadaan anda. Buatlah orang lain tahu semua kebaikan yang
ada pada diri anda. Sehingga anda akan merasa nyaman dengan siapapun.
-
Lelucon ringan
Simpan dan ceritakanlah lelucon-lelucon ringan yang anda temui dan ketahui kepada orang lain.
Ciptakan sedikit gurauan tentang teman kerja lain tak akan membunuh
anda. Peragakanlah ekspresi kesal atasan anda dengan cara yang lucu pada
teman lain, namun berhati-hatilah dalam melakukannya. Pujilah
kecantikan atau ketampanan teman di sekitar anda agar dapat berbagi
senyuman. Jangan pernah takut untuk di tertawakan saat menceritakan
lelucon, terkadang sesuatu memang tak sesuai dengan apa yang anda
perkirakan.
-
Bantulah jangan menunggu untuk dibantu
Seperti peribahasa tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah bahwa memberi lebih baik dari pada diberi. Ulurkanlah tangan anda untuk membantu kesulitan teman kerja anda,
walaupun anda tak dapat membantu banyak. Berusahalah meringankan beban
orang lain maka orang lain akan meringankan beban anda. Ciptakanlah
suasana gotong royong, kerja sama, bahu membahu dengan yang lain.
Lakukanlah hal terbaik yang anda bisa lakukan terhadap orang lain.
-
Ucapkan terimakasih
Berterimakasihlah kepada teman atau atasan anda,
bukan hanya saat ditolong saja tetapi juga saat diberi tugas dan
tanggung jawab. Dengan begitu anda dapat membangun rasa simpati antara
anda atasan anda serta teman anda. Kata terimakasih dapat berfungsi
seperti kata maaf saat anda melakukan kesalahan pada tugas anda dan anda
di haruskan untuk melakukan revisi. Pasanglah senyum di wajah anda saat
anda berterimakasih. Berilah hadiah kepada orang yang selalu membantu
anda.
-
Berbagi makanan dengan teman dan boss anda
Setiap hari bawalah makanan ringan atau buah-buahan untuk dibagikan bersama teman dan boss anda.
Jangan hanya memikirkan diri anda sendiri. Berbagi makanan dengan boss
anda dapat mengurangi rasa kesal boss anda pada anda, namun terkadang
tak berfungsi dengan baik. Kebiasaan berbagi yang anda mulai dapat
memicu tradisi berbagi di lingkungan kerja anda. Sehingga menghilangkan
pembatas individualisme setiap orang. Jika anda memiliki rezeki yang
lebih, bolehlah anda mentraktir beberapa teman anda.
-
Pasanglah foto orang yang penting dalam hidup anda
Sediakan minimal satu tempat pada desk anda untuk meletakkan foto orang yang penting untuk hidup anda, dapat berupa foto kekasih anda, foto anak, foto keluarga, foto orangtua anda, dll.
Foto tersebut berfungsi untuk menjaga semangat kerja anda agar tidak
jatuh terlalu lama, agar anda tahu kapan waktu anda bangkit saat anda
gagal, agar anda tahu anda memiliki hal yang penting dalam hidup anda.
Ingatan anda dengan orang yang ada dalam foto tersebut yang membuat
semangat anda tetap utuh.
-
Tentukanlah prestasi yang ingin anda capai
Tulislah sebuah achievement yang ingin anda capai
pada desk anda. Setelah semangat kerja anda telah kembali lihatlah
achievement yang anda tulis, sehingga dapat membangkitkan keinginan
untuk meraih prestasi tersebut. Buatlah diri anda terus menjadi lebih
baik setiap harinya.
-
Mendengarkan dan berbagi musik
Saat waktu istirahat, cobalah untuk mendengarkan musik agar anda merasa lebih rileks.
Dengarkanlah lagu-lagu kesukaan anda dan simpanlah copy musik untuk
teman anda yang menyukai musik anda juga. Lebih baik lagi jika anda dan
teman anda dapat bernyanyi bersama. Menjadi artis sesaat saat jam
istirahat tidaklah terlalu buruk.
-
Buat memo dengan tambahan gambar lucu
Ingatan seseorang sangat terbatas, apalagi jika orang tersebut sering
lupa. Dengan mencatat hal-hal yang perlu kita lakukan di dalam kertas
memo akan mengurangi beban ingatan. Namun jika sudah terlalu banyak
kertas memo yang menempel pada dinding kubik anda, dapat membuat anda
merasa tak nyaman di dalam kubik anda sendiri. Maka dari itu buatlah sesuatu yang unik pada setiap memo
yang anda miliki agar lebih menarik. Selain itu gunakan memo dengan
berbagai warna dan anggap memo warna itu sebagai tinta dan kubik anda
sebagai kanvasnya.
-
Jangan terlalu sering melihat jam
Tenanglah anda pasti akan mendapatkan jam istirahat anda. Tenanglah
anda pasti dapat pulang ke rumah anda. Walaupun ternyata hari ini anda
tak bisa pulang ke rumah atau tak bisa pulang tepat waktu, tetap nikmatilah waktu yang berjalan.
Jadi jangan terlalu banyak melihat jam, lakukanlah pekerjaan terbaik
yang bisa anda lakukan saat itu, hari itu, dengan waktu yang di
sediakan. Tak perlu memikirkan apakah akan selesai hari ini atau
memikirkan harus selesai hari ini. Melihat waktu hanya akan membuat anda
tambah khawatir akan deadline yang mendekat. Serta berdoalah atasan
anda menghargai apa yang telah anda kerjakan.
-
Rencanakan waktu kumpul bersama
Rencanakan waktu untuk berkumpul bersama sesama teman kerja atau atasan. Sekedar dinner, lunch, vacation bersama
untuk menjalin keakraban dan melepas rasa lelah. Kumpul bersama dapat
pula memperluas relasi, memunculkan kesempatan dan memperbaiki gambaran
yang buruk.
Itulah beberapa tips yang di perlukan untuk memperbaiki lingkungan kerja yang kurang menyenangkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar